Taufiqur Rahman, Lailatul Hafidah, Faisal Amir

 

Abstract: Keterlambatan dalam berbicara atau diistilahkan dengan speech delay merupakan gangguan pekembangan anak yang ditandai dengan kesulitan mengungkapkan perasaan, keinginan dan menyampaikan pesan secara lisan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi stimulasi yang diberikan dalam mengatasi speech delay pada anak. Desain penelitian adalah analitik deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berupaya menggambarkan penerapan strategi stimulasi dalam mengatasi speech delay. Populasi dalam penelitian ini adalah 10 orang yang memiliki anak dengan speech delay di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Teja Kabupaten Pamekasan pada Maret 2021. Sementara sampel yang diambil adalah 10 atau menggunakan teknik total sampling. Instrument yang dipakai adalah quesioner dichotomy question. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar (70%) responden memiliki strategi stimulasi yang cukup baik dan efektif untuk meningkatkan kemampuan bahasa dan komunikasi anak. Stategi stimulasi yang diberikan harus mampu menyentuh berbagai aspek dalam kehidupan anak dan stimulasi harus fokus pada anak sebagai subjek bukan sekedar objek terapi dan stimulasi

 

URL : https://stikes-nhm.e-journal.id/NU/article/view/636

DOI: https://doi.org/10.36089/nu.v13i1.636

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *