Hilmah Noviandry Rahman, Abdan Syakura, Handinis Sonya Ringtiyas

 

Abstract

Pendahuluan:

Menstruasi dikatakan proses alamiah yang akan terjadi pada setiap remaja, dimana terjadinya proses pengeluaran darah yang menandakan bahwa organ dalam kandungan telah berfungsi dengan matang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat stress dengan siklus menstruasi pada mahasiswi Jurusan Kesehatan Politeknik Negeri Madura.

Metode: 

Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian analitik corelational cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswi tingkat I, II dan III tahun akademik 2021-2022 Jurusan Kesehatan Politeknik Negeri Madura dengan rincian sebagai berikut: sebanyak 121 mahasiswi tingkat I, sebanyak 123 mahasiswi tingkat II, serta sebanyak 112 mahasiswi tingkat III. Total jumlah mahasiswa sebanyak 356 mahasiswa. Penentuan besar sampel dan teknik sampling menggunakan teknik non probability cluster sampling Penelitian ini memiliki dua variabel, variabel bebas dalam penelitian ini adalah tingkat stress mahasiswa serta variabel terikat dalam penelitian ini adalah menstruasi mahasiswa Jurusan Kesehatan Politeknik Negeri Madura Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini disesuaikan dengan variabel. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat stress mahasiswi mengunakan modifikasi alat ukur The Perceived Stress Scale (PSS-10) yang dirancang oleh Cohen (1994). Uji statistik yang digunakan yaitu uji corelasi Rank Spearmen menggunakan aplikasi uji statistik.

Hasil: 

Tidak ada hubungan yang linear antara stres dengan siklus menstruasi pada mahasiswi jurusan kesehatan Politeknik Negeri Madura. Siklus menstruasi menunjukkan kesehatan remaja puteri, siklus menstruasi yang sehat menunjukkan kesehatan reproduksi seorang remaja puteri.

Diskusi: 

Manajemen stress secara tidak langsung akan memberikan dampak positif terhadap peningkatan status kesehatan remaja puteri.

 

URL : https://ejurnal.stikesprimanusantara.ac.id/index.php/JKPN/article/view/565

DOI: https://doi.org/10.35730/jk.v13i1.565

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *