Hilmah Noviandry R

 

Abstract

Penyakit anemia pada ibu hamil yaitu suatu keadaan dimana kadar haemoblobin (Hb) darah kurang dari normal. Masih banyak ibu hamil yang mengalami anemia karena beberapa faktor yakni faktor pengetahuan, faktor dukungan suami dan faktor ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang memepengaruhi kejadian anemia pada ibu hamil di puskesmas proppo kabupeten pamekasan.

Desain penelitian ini menggunakan metode Deskriptif dengan populasi sebanyak 36 responden yaitu semua ibu hamil yang mengalami kejadian anemia di puskesmas proppo kabupaten pamekasan. Metode sampling yang digunakan adalah Non Probability Total sampling dengan mengambil sampel sebanyak 36 responden.Instrumen dalam penelitian ini menggunakan pengolahan data menggunakan Coding,Editing, Tabulating dan disajikan dalam bentuk tabel dan narasi..

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebagian besar faktor pengetahuan hampir seluruhnya mempengaruhi kejadian anemia pada ibu hamil (58%), faktor dukungan suami Sebagian besar  mempengaruhi kejadian anemia pada ibu hamil sebanyak (53%),  hampir seluruhnya (92%) faktor yang paling dominan yang mempengerahui kejadian anemia pada ibu hamil adalah status ekonomi responden.

Perlu adanya peningkatan kepedulian bagi perawat dan petugas kesehatan yang lain untuk memberi akses informasi yang tinggi dan adekuat untuk memberikan pemahaman pada ibu hamil tentang cara menghindari anemia selama kehamilan.

 

URL : https://jurnal.poltera.ac.id/index.php/jurnalkesehatan/article/view/97

DOI: https://doi.org/10.52234/jstk.v1i1.97

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *